Maraknya Website Jual Beli Online

Maraknya Website Jual Beli Online - Akhir-akhir banyak kita temui situs jual beli online yang mudah kita temui dari beberapa media, seperti televisi, Social Media, bahkan Adv di beberapa sidebar blog juga mempromosikan situs jual beli online, karena Jual beli online kini sudah menjamur, untuk mempromosikan sebuah produk para produsen kini tidak hanya menawarkan produknya melalui social media saja, tapi mereka juga menyediakan Website yang memudahkan para konsumen untuk mencari bermacam-macam barang yang di inginkan hanya dalam satu website yang menawarkan banyak kemudahan.

Menurut majalah businessdictionary Jual beli online adalah Tindakan membeli produk atau layanan melalui Internet. Belanja online telah berkembang dalam popularitas selama bertahun-tahun, terutama karena orang merasa nyaman dan mudah untuk tawar-menawar karena bisa dilakukan darimana saja seperti dari rumah, kantor atau bahkan disaat lagi hangout bersama teman dan keluarga tanpa harus repot-repot ke ke toko.

Kenapa Orang lebih memilih belanja Online ? Karena di era digital ini para konsumen tentu mementingkan kemudahan dan kenyamanan, karena belanja melalui website jual beli online kita tidak perlu susah-susah keluar rumah, tidak perlu mengantri untuk mendapatkan barang yang kita inginkan, bahkan kita bisa bersantai di rumah memilih barang yang kita suka dan melalui smarthphone, bahkan biasanya dalam satu website kita bisa menemukan bermacam-macam kategori barang mulai dari alat elektronik, pakaian, aksesoris, dan berbagai perlengkapan lainnya.

ada berbagai macam cara jual beli online yang sering dilakukan oleh konsumen indonesia

     1.Transaksi Antar Bank

Jenis Transaksi ini adalah jenis transaksi yang paling populer di Indonesia, selain cukup simple, jenis transaksi ini juga memudahkan proses konfirmasi dari kedua belah pihak, karena bisa di cek dengan cepat oleh penerima dana/penjual, prosesnya pertama pembeli mengirim dana yang sudah disepakati, setelah dana masuk maka penjual mengirim barang yang di janjikan, Kelemahan transaksi melalui cara ini adalah paling rawan penipuan, diperlukan kepercayaan tingkat tinggi dari penjual, dan pembeli harus jeli sebelum memutuskan untuk membeli, pembeli bisa melihat dari testimoni penjual dan komen positif pembeli yang sebelumnya

    2. Cash On Delivery (COD)

Sebenarnya COD masih menganut sistem lama, yaitu ketemuan dan bayar ditempat, transaksi ini umumnya dilakukan untuk menjual barang second, karna penjual dan pembeli bisa mudah untuk melakukan negoisasi dan pembeli bisa melihat-lihat detil barang apakah sesuai harga atau tidak, sebaiknya transaksi seperti ini dilakukan di tempat ramai agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan seperti salah satu pihak berniat jahat.

    3. Rekening Bersama (Rekber)
Rekening bersama atau sering disebut dengan istilah Escrow adalah cara paling aman untuk membeli barang baru Cara pembayaran ini sedikit berbeda dengan proses pembayaran melalui transfer bank. Jika dalam transfer bank, pihak ketiga nya adalah bank, sedangkan dengan sistem Rekber yang menjadi pihak ketiga adalah lembaga pembayaran yang telah dipercaya baik oleh pihak penjual maupun pembeli.
Dalam hal ini peran lembaga pembayaran sangatlah penting. Prosesnya yaitu pertama pembeli mentransfer dana ke pihak lembaga Rekber. Setelah dana dikonfirmasi masuk, lalu pihak Rekber meminta penjual mengirim barang yang sudah disepakati. Dan jika barang sudah sampai baru dana tersebut diberikan pada sang penjual.

Untuk para penjual Mungkin jual beli online bisa di jadikan nilai plus dalam menjual barang karna banyak kemudahan yang ditawarkan dan bisa membuat nama toko kita menjadi lebih dikenal di masyarakat,  dan semakin banyak commend positif tentang toko online kita, semakin tinggi tingkat kepercayaan para konsumen terhadap bisinis online kita.